Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang sedang banyak digandrungi oleh para travelers saat ini. Budaya yang masih kental dengan candi-candi, kuil, dan kuliner disana benar-benar menjadi nilai tambah yang mengundang rasa penasaran para turis Mancanegara. Begitu juga dengan pelaksanaan festival oleh penduduk lokald disana yang menuguhkan segala keunikan dan keseruan. Di artikel kali ini, Ascenta Tour sudah menyusun Festival serta perkiraan waktu pelaksanaan beberapa festival di Thailand. Barangkali ada yang tertarik untuk ikut Songkran di tahun depan.

  1. Festival Songkran – April
    Festival Songkran atau festival air merupakan festival yang dilaksanakan saat tahun baru Thailand tiba. Semua orang akan berkumpul dengan ‘senjata’ nya masing-masing untuk menyiramkan air pada orang-orang di sekitarnya.
  2. Festival Roket (Bun Bang Fa) – Mei
    Bun Bang Fai merupakan festival mebuat roket dari bambu berukuran sekitar 6 meter yang kemudian akan ditembakkan ke udara serta parade di jalan raya, pertunjukan budaya serta kontes kecantikan yang diadakan di provinsi Yasothon/Thaiand.
  3. Festival Hantu (Phi Ta Khon)- Maret/Juli
    Di hari pertama, festival ini akan ada Boon Prawat yaitu parade pemuda yang menari dengan memaiaki toping dan akan menakut-nakuti para pentonton yang ikut serta mengikuti parade.
  4. Festival Lentera Chiang Mai (Yi Peng) – November
    Berbeda dengan festival serupa berjuluk Loy Krathong yang menghanyutkan lentera ke sungai, dalam festival yang digelar di Chiang Mai ini, partisipan akan menerbangkan lentera kertas ke udara. Kita bisa menyaksikan indahnya langit dihiasi dengan ribuan cahaya dari lilin lentera yang berpendar dengan terangnya.
  5. Festival Monyet Lophuri – Akhir Tahun
    Dalam festival yang digelar di kompleks Phra Prang Sam Yod, provinsi Lophuri ini, akan ada gunungan makanan sertameja berisi hidangan digelar untuk dinikmati oleh sekitar 4000 monyet yang ada disana. Selain itu, akan ada juga parade yang pesertanya memakai kostum monyet.