Makanan, mungkin terdengar sepele tapi sebenarnya penting untuk dipertimbangkan sebelum melancong ke luar negeri. Terutama, di beberapa kepercayaan ada larangan-larangan untuk tidak mengomsumsi makanan tertentu. Jepang, adalah salah satu destinasi wisata yang digemari karena kekayaan kulinernya. Namun sayangnya, sebagian besar makanan disana adalah makanan non-halal. Oleh karena itu, Ascenta sudah merangkumkan beberapa tempat di Jepang yang menyediakan makanan halal. Berikut rinciannya:

  1. Naritaya Ramen

    2 Asakusa, Taito City, Tokyo 111-0032, Japan
    Berada di dekat Senso-ji Temple, Asakusa. Dari pintu gerbang utama, letaknya ada di persimpangan sebelah kiri setelah melewati barisan toko di sepanjang Nakamise. Kuah ramen tidak menggunakan kaldu babi melainkan kaldu ayam dan dapat dijamin kehalalannya.
  2. Halal Ramen Ouka

    1 Chome-11-7 Shinjuku, Shinjuku City, Tokyo 160-0022, Japan
    Berlokasi di Shinjuku, tepatnya di daerah perumahan warga, dekat sebuah gedung sekolah.Harganya memang sedikit lebih mahal namun sebanding dengan kuah yang gurih, tekstur mie yang tebal serta porsi yang cukup besar.
  3. Sushiken Asakusa

    Tokyo, Taito City, 11, 4 11 2
    Merupakan Restoran sushi bersertifikat halal pertama di Jepang. Walau sushi memang makanan dengan bahan utama ikan yang halal, tetapi rice vinegar/mirin yang dicampur pada nasi dapat membuat sushi menjadi tidak halal.

NOTE: Jika makan di restoran yang belum bersertifikasi halal, sebaiknya membaca dulu atau bertanya mengenai bahan-bahan makanannya karena bisa jadi ada kandungan sake/ bahan non-halal lainnya di dalam saus, kuah atau bumbu makanan yang tersedia.

Source: https://wiranurmansyah.com