Kehilangan sesuatu tentunya tidak ingin kita alami, terlebih lagi jika kehilangannya terjadi di fasilitas umum seperti pesawat atau bandara. Untuk berjaga-jaga, Ascenta menyediakan sedikit informasi untuk membantu anda jika anda mengalami kehilangan di pesawat sekaligus prosedur untuk mengurusnya.

  1. Pastikan Tempat Kehilangan
    Sebelum mencari layanan ‘Lost and Found’ atau Layanan Informasi Kehilangan di bandara, pastikan barang anda benar-benar hilang saat di bandara karena jika tidak demikian, maka anda harus menjalani prosedur yang jauh lebih panjang dan rumit.
  2. Buat Laporan Kehilangan
    Laporan kehilangan dapat diadukan kepada pihak maskapai. Berikan informasi rinci dan kengkap mengenai waktu keberangkatan, kelas penerbangan, dan semacamnya serta identitas diri dan boarding pass sebagai ukti untuk memperkuat laporan.
  3. Ingat Detail Barang Bawaan
    Semakin detail anda memberikan gambaran barang anda yang hilang, maka akan semakin baik pencarian yang akan dilakukan. Akan jauh lebih bila memiliki foto atau gambar dari barang tersebut.
  4. Pantau Terus Informasi
    Pantau terus informasi yang diberikan oleh maskapai. Bila dalam tiga hari belum ada kepastian, lakukan pelacakan dengan menghubungi layanan bagasi bandara atau langsung ke kantor resmi maskapai. Barang dinyatakan hilang apabila dalam waktu tiga pekan belum juga ditemukan.
  5. Ajukan Klaim
    Bila tidak kunjung menemukan titik temu, anda dapat mengajukan klaim kehilangan kepada maskapai. Masing-masing maskapai memiliki ketentuan  dan prosedur untuk klaim bagasi yang berbeda-beda.